TATA CARA PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN HAKIM DAN PEGAWAI
Mekanisme Pengaduan Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Andoolo tidak selalu bisa memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Andoolo. Selanjutnya Pengadilan Agama Andoolo akan berupaya memberikan solusi yang terbaik. Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Andoolo. A. Secara Lisan 1. Melalui Telepon +6282349600750. Pada saat jam kerja pukul 08.00 WITA s/d 16.30 WITA 2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Andoolo dengan alamat Jalan Kompleks Perkantoran PEMDA, Kabupaten Konawe Selatan – Sulawesi Tenggara.
B. Secara Tertulis 1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan, dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Andoolo, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui melalui pos dengan alamat kantor Jalan Kompleks Perkantoran PEMDA, Kabupaten Konawe Selatan – Sulawesi Tenggara. 2. Melalui E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau Website Pengadilan Agama Andoolo www.pa-andoolo.go.id 3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas diri pelapor dan dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan pengaduan.
C. Disampaikan Secara Elektronik, memuat : 1. Identitas Pelapor; 2. Identitas Terlapor jelas; 3. Dugaan perbuatan yang dilanggar jelas, misalnya perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara maka Pengaduan harus dilengkapi dengan nomor perkara; 4. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung Pengaduan yang disampaikan. Misalnya bukti atau keterangan termasuk nama jelas, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat Pengaduan Pelapor. 5. Meskipun Pelapor tidak mencantumkan identitasnya secara lengkap, namun apabila informasi Pengaduan logis dan memadai, Pengaduan dapat ditindaklanjuti. 6. Melalui e-Mail : paandoolo@gmail.com 7. Melalui Layanan WhatsApp Pengaduan di nomor +6282349600750 (SMS Only) Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Andoolo 1. Pengadilan Agama Andoolo akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis. 2. Pengadilan Agama Andoolo akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan. 3. Pengadilan Agama Andoolo akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis. 4. Pengadilan Agama Andoolo hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor MEKANISME PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI 1. Sumber Pengaduan a. Dari Masyarakat • Para Pencari Keadilan; • Pengacara; • Lembaga Bantuan Hukum; • Lembaga Swadaya Masyarakat; • Dewan Perwakilan Rakyat; • Sekretariat Kepresidenan dan Wakil Presiden; • Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara; • Komisi pemberantasan korupsi; • Komisi hukum nasional; • Komisi ombudsman nasional; • Komisi yudisial; • Dan lain-lain. b. Pengaduan dari internal lembaga pengadilan. Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya) c. Laporan Kedinasan Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya. d. Informasi Dari : • Instansi Lain; • Media massa; • Isu yang berkembang. 2. Pengaduan ditujukan pada lembaga peradilan; 3. Proses penanganan pengaduan; a. Pencatatan; b. Penelaahan; c. Penyaluran; d. Pembentukan tim pemeriksa; e. Survey pendahuluan; f. Menyusun rencana pemeriksaan; g. Pelaksanaan pemeriksaan. TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut : a. Memeriksa pengadu, meliputi : • Identitas pengadu; • Relepansi kepentingan pengadu; • Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya; • Bukti-bukti yang dimiliki pengadu. b. Memeriksa pihak-pihak yang terkait. Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut. c. Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi : • Identitas; • Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat; • Klarifikasi atas hal yang dilaporkan. d. Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya. e. Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir. f. Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan). g. Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan). Gambar diatas merupakan Skema Alur Penanganan Pengaduan Masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009. Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tersebut Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberi kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila : 1. Terlapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain 2. Pengaduan bersifat pending atau menarik perhatian masyarakat 3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut - larut. Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima. Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan. Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sistem pengaduan masyarakat, Mahkamah Agung menerbitkan brosur tentang informasi layanan pengaduan masyarakat dan prosedur penyampaian laporan pengaduan yang disebarluaskan melalui Pengadilan Tingkat Pertama maupun Pengadilan Tingkat Banding. |